Berita

Presiden RI Jokowi Beri Perizinan Investasi Industri Miras di 4 Provinsi

Jumat, 26 Februari 2021 - 13:09
Presiden RI Jokowi Beri Perizinan Investasi Industri Miras di 4 Provinsi Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). (FOTO: Setneg RI)

TIMES MALUKU, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengatur perizinan Investasi untuk industri minuman keras atau miras diberikan di empat provinsi.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken kepala negara pada 2 Februari 2021. Aturan itu merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Empat provinsi yang dimaksud tersebut antara lain Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

"Persyaratan, untuk penanaman modal baru dapat dilakukan pada provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat," demikian bunyi di lampiran III perpres.

Botol-Miras.jpg

Bagaimana jika penanaman modal dilakukan di luar empat daerah itu? Dalam aturan tersebut yakni, harus mendapat ketetapan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal berdasarkan usulan gubernur.

Untuk izin dan syarat yang sama juga berlaku untuk industri minuman mengandung alkohol anggur. Dengan izin ini, industri miras bisa memperoleh suntikan investasi dari investor asing, domestik, koperasi, hingga UMKM.

Investasi asing boleh mengalir dengan nilai lebih dari Rp 10 miliar di luar tanah dan bangunan. Tapi, wajib membentuk perseroan terbatas (PT) dengan dasar hukum Indonesia dan berkedudukan di dalam negeri.

Tak hanya itu saja, Presiden RI Jokowi diketahui juga telah memberi restu investasi bagi perdagangan eceran miras masuk daftar bidang usaha yang diperbolehkan dengan persyaratan tertentu. "Bidang perdagangan eceran kaki lima minuman keras (miras) atau beralkohol, persyaratan jaringan distribusi dan tempatnya khusus," bunyi daftar 44 dan 45 pada lampiran III. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Maluku just now

Welcome to TIMES Maluku

TIMES Maluku is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.